Cara Mengaktifkan Layanan Google play

Cara Mengaktifkan Layanan Google Play

Diposting pada

Mungkin banyak diantara pengguna android di Indonesia belum banyak yang mengetahui tutorial yang satu ini. Yap, kali ini Rojali Tekno akan membahas mengenai cara mengaktifkan layanan google play service yang terhenti di hp android.

Untuk kamu yang memiliki smartphone android pastinya memiliki aplikasi yang bernama Google Play Store. Beberapa orang sering menyebutnya dengan dengan Play Store, dan aplikasi ini biasanya sudah terpasang di setiap smartphone android dari pabriknya.

Play Store memiliki fungsi sebagai aplikasi yang digunakan untuk mendownload sebuah aplikasi, ataupun bisa juga digunakan untuk membeli aplikasi yang berbayar. Aplikasi ini biasanya belum aktif pada ponsel android yang baru dibeli, sehingga kamu pun harus mengaktifkan nya. Berikut ini cara mengaktifkan layanan Google Play Store.

Cara Mengaktifkan Layanan Google play

1. Pastikan Dulu Bahwa Play Store Sudah Terinstal

Cara mengaktifkan layanan google play pertama, pastikan terlebih dahulu apakah aplikasi Google Play Store sudah terinstal di smartphone android kalian atau belum. Untuk smartphone keluaran pabrik biasanya terdapat aplikasi Google Play Store yang sudah terpasang secara otomatis.

Nah, untuk kamu kamu yang membeli ponsel bekas terkadang Google Play Store tersebut sudah dihapus. Kamu bisa menginstalnya secara manual dengan flashing play store.

Lalu kemudian menginstall GAPPs-nya, dan barulah muncul aplikasi Play Store-nya. Jadi kalau kamu tidak menginstall GAPPs terlebih dahulu, maka smartphone kamu tentunya tidak akan tersedia aplikasi Google Play Store.

2. Buatlah Identitas Akun Gmail

Untuk kamu yang ingin segera menggunakan aplikasi Play Store, maka hal ini diharuskan untuk memiliki sebuah akun Gmail untuk menjalankannya. Sehingga sebelum menjalankan aplikasi ini, maka kamu pun juga harus memiliki sebuah akun Gmail terlebih dahulu.

Kegunaan dari akun Gmail ini berfungsi untuk akses login ke aplikasi Google Play Store. Maka jika kamu belum memilikinya, maka kamu bisa membuat akun tersebut terlebih dahulu. Untuk membuat akun Gmail juga tidaklah sulit, kamu pun bisa melihat panduannya secara detail lewat Google.

Untuk kamu yang tidak menggunakan akun Gmail, maka kamu pun tidak akan bisa untuk login ke aplikasi Google Play Store meskipun aplikasi itu sudah terinstal di ponsel kamu. Itulah langkah kedua cara mengaktifkan layanan google play di hp android. Oke next.

3. Jalankan Google Play Store

Untuk kamu yang sudah sudah memiliki aplikasi Google Play Store dan juga sudah memiliki akun Gmail, maka langkah selanjutnya dalam mengaktifkan aplikasi tersebut.

  • Saat pertama kali membuka aplikasi Play Store, maka akan ada beberapa keterangan tertentu yang muncul dan terkait mengenai aplikasi tersebut.
  • Setelah membaca keseluruhan syarat serta ketentuan yang muncul, maka kamu pun bisa menekan tombol “Yes”.
  • Dan setelah itu akan muncul kembali sebuah tampilan yang menyatakan Google Play Store meminta persetujuan dari untuk menggunakan aplikasi ini di ponsel kamu.
  • Setelah hal ini dilakukan, maka kamu bisa langsung mengklik “Next” hingga sampai pada tab yang diharuskan untuk memasukkan akun Gmail.
  • Setelah itu klik tombol “Create” untuk membuat sebuah akun baru. Setelah mengisi keseluruhan data diri, maka kamu pun bisa memasukkan alamat gmail sebelumnya dan langsung klik “Next”.
  • Saat sampai pada tahap mengisikan password, maka kamu tinggal mengisikan data yang dibutuhkan dan kamu pun bisa segera menggunakan aplikasi ini.

4. Cara Mengaktifkan Layanan Google Play Menggunakan Aplikasi Google Play Store

Nah, yang terakhir kamu bisa mengikuti langkah – langkah dibawah ini :

  • Setelah akun Gmail kamu terverifikasi, maka kamu bisa login dengan akun tersebut ke aplikasi Google Play Store. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa akun Play Store kamu sudah benar-benar aktif dan bisa dipakai.
  • Nah, setelah itu kamu pun bisa menggunakan akun Google Play Store kamu untuk mendownload berbagai macam aplikasi yang diinginkan dan dibutuhkan.
  • Dan untuk kamu yang ingin membeli aplikasi yang berbayar, maka tentunya kamu pun juga harus memperhatikan keterangan tambahan yang menjelaskan mengenai bagaimana cara kamu membayar tagihan tersebut.
  • Untuk pembayaran aplikasi berbayar, maka kamu bisa menggunakan kartu kredit, voucher, ataupun alat pembayaran jenis lainnya. Selain digunakan untuk menginstal aplikasi, Google Play Store juga dapat digunakan untuk mencari beberapa buku dan kemudian membelinya.

Untuk kamu yang hobi main game, maka kamu bisa menginstal aplikasi game dari Google Play Store juga.

Nah, ke-empat langkah cara mengaktifkan layanan Google Play Store memanglah sangat mudah untuk diterapkan bukan? Kamu pun bisa mengaktifkan aplikasi Google Play Store kamu dengan mudah dan tanpa ribet tentunya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan